Towing adalah? Pengertian beserta Fungsinya

Tak banyak orang mengenal istilah towing, namun sebagian besar orang telah mengenal apa itu mobil derek. Seringkali mereka salah kaprah dalam mengenali dan membedakan apa itu towing dan mobil derek. Keduanya sering dianggap sama, namun nyatanya berbeda. Sebelum mengulas lebih jauh, kamu perlu paham terlebih dahulu perbedaan keduanya. Berikut merupakan perbedaan towing dan mobil derek!

  1. Cara Mengangkut Mobil

Mobil derek menggunakan alat khusus yang dipasang pada bagian belakang truk yang nantinya bertugas untuk menarik mobil. Alat untuk menderek ini nantinya akan dikaitkan pada bagian depan mobil, kemudian ban depan akan terangkat. Sehingga hanya bagian roda belakang saja yang menyentuh tanah kemudian mobil akan diderek.

Cara mengangkut ini tentu saja jauh berbeda dengan towing yang mengangkut mobil secara keseluruhan. Pada saat penderekan rem tangan mobil harus aktif sehingga prosesnya harus lebih hati-hati. Sedangkan untuk towing, mobil dalam keadaan mati dan tidak perlu kondisi rem tangan aktif.

  1. Penyedia Jasa

Jasa towing dibuka oleh swasta untuk membantu masyarakat dalam mengangkut mobil sesuai keperluan seperti mudik, masalah banjir atau ingin menjual mobil. Sedangkan untuk derek, biasanya dilakukan oleh Dinas Perhubungan untuk menderek mobil-mobil yang melanggar peraturan. Misalnya seperti parkir di tempat sembarangan atau karena mengalami kecelakaan.

  1. Jenis Kendaraan yang Mengangkut

Proses derek atau towing mobil mesti menggunakan kendaraan khusus yang ukurannya jauh lebih besar dari kendaraan yang diangkut atau ditarik. Khusus untuk kendaraan derek bisa berupa mini truk yang sudah dilengkapi dengan katrol. Katrol inilah yang berfungsi untuk mengangkat kedua ban depan mobil kemudian mampu menariknya.

Katrol akan mempermudah truk untuk menderek mobil yang mungkin saja lebih berat. Sedangkan untuk towing, jenis kendaraan yang digunakan juga berupa truk. Bisa saja kontainer yang besar sehingga mobil bisa muat di belakangnya. Jenisnya pun disesuaikan dengan proses pengangkutan. Ada truk dengan model biasa sehingga mobil harus dinaikkan secara manual. Ada juga truk yang sudah dilengkapi dengan sistem hidrolik pada bagian belakang agar mempermudah untuk menaikkan mobil.

4. Jenis Kendaraan yang Bisa Diangkut

Proses derek memungkinkan untuk menarik kendaraan yang lebih besar seperti truk bahkan bus.Proses penarikan ini dibantu oleh kinerja katrol. Sedangkan towing mobil memiliki jenis kendaraan yang berbeda yang bisa diangkut.

Nah itulah perbedaan keduanya, semoga bisa membuatmu semakin paham perbedaan antara towing dan mobil derek. 

Siapa saja bisa menggunakan jasa towing, towing adalah solusi yang tepat saat berada dalam sebuah situasi yang sedang terdesak seperti banjir dan ingin mengirimkan kendaraan yang terjebak.

Mobil akan di naikkan ke atas truk dengan dua macam cara yang sesuai dengan jenis truk. Pertama adalah dengan menggunakan suatu cara teknik sebuah towing gendong, dimana mobil akan dapat diangkut seperti biasa sebuah di bagian bak truk. Teknik Kedua merupakan towing hidrolik Rendah. Jika mobil akan dinaikkan menggunakan cara biasa ke dalam truk maka dapat merusak bagian bawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.