flagstaffheavytowing

Perbedaan Towing Mobil & Mobil Derek

Perbedaan Towing Mobil & Mobil Derek

Meski jumlah pengemudi baik motor dan mobil sangat banyak, bisa dipastikan sebagian dari mereka masih belum mengetahui jika towing mobil dan mobil derek tidaklah sama. Sebagian orang mungkin lebih familiar dengan mobil derek dan menyebut mobil yang mengangkut mobil lain dengan nama mobil derek. Padahal istilah mobil derek sendiri tidak selamanya dipakai, karena beberapa jenisnya justru merupakan kegiatan towing.

Jadi, sebenarnya apa saja perbedaan towing dan derek? Hal penting yang wajib diketahui adalah perbedaannya. Keduanya tampak sama tetapi sebenarnya jauh berbeda.

Istilah towing sendiri adalah proses pengangkutan kendaraan secara penuh. Sederhananya, towing adalah pengangkutan mobil di bagian belakang truk. Pengangkutan ini biasanya dilakukan untuk pengiriman sebuah kendaraan baik jarak jauh maupun jarak dekat sesuai dengan permintaan.

Di Indonesia, proses pengirimannya membutuhkan STNK dan BPKB. Sementara itu untuk biayanya akan disesuaikan dengan jarak pengiriman.

Lebih lanjut, kamu bisa membedakan kedua jenis layanan ini dari beberapa faktor pembeda berikut ini:

Perbedaan Towing Mobil dengan Mobil Derek

Seperti yang bisa disimpulkan di atas, kedua layanan ini tampak sama namun sebenarnya jauh berbeda. Tetapi dengan faktor yang diulas di bawah ini, kamu akan segera dapat membedakannya.

  1. Cara Mengangkut

Perbedaan pertama yang paling mencolok adalah cara dalam mengangkut mobil. Mobil derek memanfaatkan alat penderek khusus yang dipasang pada bagian belakang truk penarik mobil. Alat penderek itulah yang nantinya dikaitkan pada bagian depan mobil, dan ban depan mobil akan terangkat.

Sementara itu, towing mobil mengangkut dengan cara keseluruhan. Biasanya seluruh badan mobil akan berada di atas truk dalam keadaan mesin yang mati.

  1. Jenis Kendaraan PengangkutĀ 

Baik proses derek ataupun towing mobil harus menggunakan kendaraan khusus yang ukurannya jauh lebih besar dari kendaraan yang diangkut atau ditarik. Mobil derek biasanya berupa truk kecil yang dilengkapi katrol dan rantai untuk menderek.

Di sisi lain, towing menggunakan kendaraan jenis truk hingga kontainer besar. Jenis truk yang digunakan sendiri akan disesuaikan dengan kendaraan yang diangkut. Ada truk model biasa sehingga mobil harus naik secara manual, namun ada juga truk yang dilengkapi sistem hidrolik sehingga mobil yang diangkut semakin mudah untuk dinaikkan.

  1. Jenis Kendaraan yang Diangkut

Yang membedakan antara towing mobil dan mobil derek lainnya adalah jenis kendaraan yang diangkut. Untuk mobil derek biasanya hanya mampu menderek mobil, bus, hingga truk. Sementara itu jika towing kendaraan yang diangkut bisa lebih beragam seperti motor, mobil, kendaraan alat berat (traktor, ekskavator, dsb), hingga kendaraan dinas TNI atau kepolisian (kapal, tank, dll).

Itulah perbedaan towing mobil dan mobil derek yang perlu kamu ketahui, sehingga kamu tidak ragu untuk menggunakan salah satu layanan tersebut saat membutuhkan di kondisi yang genting.

Exit mobile version